Tongkol Jagung Sebagai Pakan Ternak, Mampu Tingkatkan Bobot Badan Sapi Sebesar 0,88 Kg/ Hari


Nadienfarm – Jagung merupakan salah satu komoditi yang banyak dihasilkan dihampir seluruh wilayah Indonesia. Selama ini, pemanfaatn hasil produksi jagung hanya terkonsentarasi pada biji, sedangkan tongkol buah menjadi limbah. Padahal tongkol buah yang juga biasa disebut janggel jagung ini bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak.


Dikutip melalui laman litbang.pertanian.go.id, Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Tanaman Serealia telah lama menguji hasil limbah jagung tersebut untuk dapat dimanfaatkan.

Pengolahan limbah jagung untuk pakan ternak tersebut yaitu dengan cara mengolah tongkol jagung dengan cara di fermentasi. Tongkol jagung digiling atau cacah sehingga ukurannya menjadi lebih kecil sehingga mudah dicerna oleh ternak. Kemudian tongkol jagung giling atau cacah itu difermentasi secara aerob dengan menggunakan larutan stater (Tricoderma). Proses fermentasi berlangsung selama 3 hari dan selanjutnya tongkol jagung hasil fermentasi dapat diberikan kepada ternak.

Pemberian tongkol jagung yang difermentasi dan dicampur dengan konsentrat mampu meningkatkan pertambahan bobot badan harian sapi potong sebesar 0,88 kg/hari/ekor. Bobot sapi yang awalnya 230 kg meningkat menjadi 325 kg. Sedangkan untuk sapi potong yang diberi pakan sesuai dengan kebiasaan peternak setempat, hanya mampu menambah bobot badan meningkat harian 0,5 kg/ekor/hari.

Penggunaan limbah tanaman jagung sebagai pakan dalam bentuk segar membutuhkan biaya yang rendah dan pengolahan yang mudah. Akan tetapi pada saat panen, hasil limbah tanaman jagung ini cukup melimpah. Maka sebaiknya disimpan untuk stok pakan pada saat musim kemarau panjang atau saat kekurangan pakan hijauan.

Dengan demikian, limbah jagung berpeluang meningkatkan ekonomi masyarakat berbasis pertanian jagung. Besarnya peluang peningkatan ekonomi dikarenakan limbah jagung dapat dimanfaatkan menjadi pakan ternak yang bergizi dan dapat disimpan dengan waktu yag lama seperti silase./red


Comments

  1. Donaco Poker Sebagai Situs Agen Poker Online Uang Asli Yang Menyediakan Transaksi Dari Bank Bca, Bni, Bri, Mandiri dan Danamon Memberikan Minimal Deposit Yang Sangat Murah Serta Menyediakan Hadiah Jackpot Setiap Harinya Dan Bisa Bermain Dengan Para Player Dari Seluruh Kota Yang Ada Di Indonesia.

    Waktu Yang Relatif Singkat Dalam Semua Proses Transaksi Akan Semakin Membuat Para Member Betah Dan Puas.

    Hubungi Kami Secepatnya Di :

    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete

Post a Comment